MAKALAH

CARA ALAMI MENURUNKAN BERAT BADAN

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknik Komunikasi

(TKP 158)

 

 

 

 

                                 

 

Disusun Oleh:

    Aulia Finti Alda

  21040111130030

 

JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS DIPONEGORO

SEMARANG

2011

 

A. PENDAHULUAN

Masalah berat badan merupakan masalah yang banyak dihadapi orang  disaat sekarang ini, sehingga mempunyai tubuh yang ideal adalah idaman setiap orang, terutama dikalangan wanita. Dengan berat badan yang melebihi standar, dapat mengurangi  rasa percaya diri pada orang yang mengalaminya. Cara menurunkan berat badan yang sangat berguna untuk menguruskan badan dengan cara memperhatikan pola makan yang sehat dan alami tanpa harus selalu menghindari jenis-jenis makanan tertentu. Saat ini banyak sekali orang menjalankan program diet yang instans atau meminum obat diet yang diiringi dengan mengurangi prsi makan, namun terkadang akibat menjalankan program tersebut tubuh menjadi lemas dan menjadi kurang bergairah, yang berujung kita menjadi lelah untuk melaksanakan aktifitas sehari hari. Untuk menghindari hal tersebut, program penurunan berat badan dapat dilakukan secara alami, dan tetap membuat tubuh kita sehat.

 

B. CARA ALAMI MENURUNKAN BERAT BADAN

Usaha yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan yang alami adalah sebagai berikut :

1. Saya harus bisa

Tanamkan tiga kata itu dalam diri sebagai langkah pertama. Walau banyak godaan datang menghadang, asalkan kita selalu ingat bahwa harus bisa menurunkan berat badan, maka itu merupakan jalur yang tepat.

2. Jangan melakukan diet

Untuk jangka pendek diet memang akan menurunkan berat badan, namun bila diet anda hentikan maka berat badan anda akan bertambah kembali.. Yang penting dilakukan adalah memilih makanan yang seimbang nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda sehingga kalori yang dimakan akan dimanfaatkan secara optimal.

3. Makanan sehat selalu menjadi pilihan utama

Pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak. Perbanyak konsumsi buah buahan dan sayur sayuran.Selain itu juga kurangi juga makanan atau minuman yang mengndung kadar gula yang tinggi, dan bisa dengan memakan makanan yang mengandung Omega 3 seperti ikan.

4. Buang kebiasaan ngemil di malam hari

Ngemil di malam hari akan menghancurkan upaya untuk menurunkan berat badan sebab, kalori yang dimakan setelah makan malam akan tertimbun di dalam tubuh.

5. Olahraga

Sesuaikan olah raga yang dipilih dengan kondisi tubuh kita. Salah satu olah raga yang sehat, murah dan bisa dilakukan oleh semua orang adalah jalan kaki dan usahakan selalu berjalan kaki setiap hari untuk membakar lemak yang ada di tubuh. Yang penting adalah, olah raga tidak hanya menurunkan berat badan tetapi juga membuat tubuh lebih sehat.

6. Minum air putih yang cukup

Beberapa ahli gizi mengatakan dengan minum yang cukup, maka akan terhindar dari makan yang berlebihan dan dapat memperlancar metabolisme tubuh. Dianjurkan untuk minum air 6 sampai 8 gelas sehari, dengan minum minimal 3 gelas besar air putih setiap harinya dan kurangi minuman yg mengandung gula, kopi dan soda.

C. SIMPULAN

Melakukan proses penurunan berat badan dengan cara yang instan bukanlah solusi yang tepat, terutama dengan minum obat diet yang biasanya membuat orang ketergantungan. Maksudnya, apabila minum obat diet dihentikan, bukannya dapat menurunkan berat badan, tapi malah menambah berat badan. Untuk itu mengatasi hal tersebut, proses penurunan berat badan dapat dilakukan secara alami dan tetap membuat tubuh sehat. Dapat dikatakan bahwa, menurunkan berat badan secara alami adalah sebuah proses dan bukan iseng iseng belaka. Oleh karena itu, harus membutuhkan tekad yang kuat, pengendalian diri, dan disiplin untuk mencapai berat ideal yang diinginkan.

Sumber : Wirawan, I Made Cock. 2007. “Langkah Menurunkan Berat
Badan,”dalam www.blogdokter.net. Diunduh Senin, 28 Mei
2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s