Christaller (1933) menjelaskan bahwa teori tempat pusat merupakan suatu tempat yang menyediakan barang dan jasa bagi daerah itu sendiri dan daerah orang lain. Christaller mengatakan beberapa asumsi dalam penysunan teori tersebut, seperti :

1. Konsumen yang menanggung ongkos angkutan.

2. Jangkauan suatu barang ditentukan oleh jarak yang dinyatakan dalam  biaya dan  waktu.

3. Konsumen memilih tempat pusat yang paling dekat.

4. Kota-kota berfungsi sebagai central place bagi wilayah sekitarnya.

5. Wilayah tersebut sebagai dataran yang rata, ciri ekonomis sama, dan penduduk tersebar secara merata.

Namun, pada saat sekarang ini teori Christaller sudah tidak relevan lagi dengan konyataan yang ada, karena jangkauan suatu barang dan jasa tidak titentukan lagi oleh biaya dan waktu. Selain itu, dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, konsumen tidak selalu memilih tempat pusat yang paling dekat. Hal ini bisa disebabkan oleh daya tarik/ fasilitas srana dan prasarana tempat pusat yang lebih jauh tersebut lebih besar dibandingkan dengan tempat pusat yang terdekat.

CONTOH KASUS :
Dalam permasalahan ini, kasus yang akan dibahas yaitu mengenai Universitas Andalas yang berada di Provinsi Sumbar, tepatnya di Kota Padang. Mengapa Unand? Berdasarkan asumsi dalam penyusunan teori pusat tersebut di

atas, karena Unand merupakan salah satu Universitas terbesar di Provinsi Sumbar, maka masyarakat yang berada di Provinsi Sumbar belum tentu memilih Unand sebagai Universitas pilihannya meskipun itu dekat. Masayarakat akan memilih Universitas yang terbaik menurutnya, walaupun lokasinya jauh/ bahkan keluar pulau, seperti Universitas yang ada di Pulau Jawa.

 

Gambar I.1

Pola Persebaran masayarakat Sumbar yang kuliah di luar Provinsi

Sumber : Google Map 2012

Dengan adanya daya tarik yang tinggi/ jaminan pendidikan untuk kuliah di luar Provinsi Sumbar lebih besar, masyarakat tidak mempersalahkan biaya yang dibutuhkanpun juga besar atau banyak demi mendapatkan ilmu dalam mencapai cita cita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s