Tembalang merupakan suatu daerah yang terletak di kota Semarang. Pada awalnya Tembalang hanya sebuah daerah yang masih banyak mempunyai lahan kosong dan penduduknya pun masih jarang. Semenjak di Tembalang didirikan sebuah Universitas, maka kepadatan penduduknya pun mulai meningkat, yang man dahulunya masih banyak lahan kosong, tapi sekarang sudah banyak orang yang mendirikan bangunan dan usaha-usaha lainnya.

Saat mendirikan kampus, Universitas Diponegoro terletak di dua tempat yaitu di Peleburan dan Tembalang. Saat sekarang ini, kebanyakan kampus yang ada di daerah peleburan pun sudah dipindahkan ke wilayah Tembalang, sehingga Undip sudah mulai menyatu dengan kampus yang ada di Peleburan, walaupun masih ada sebagian kecil jurusan yang ada di Peleburan.

                Perpindahan kampus Undip yang ada di Peleburan ke wilayah Tembalang, telah meberikan pengaruh yang cukup besar terhadap warga Tembalang. Banyak penduduk yang mendirikan kos- kosan, karena seiring bertambahnya mahasiswa. Lahan lahan yang kosong pun sudah digarap menjadi bangunan.

Wilayah Tembalang bukan lagi suatu daerah yang sepi, tapi sudah merupakan daerah yang berpenduduk padat. Seiring berjalannya waktu, bahkan sampai saat sekarang ini sudah tidak sedikit lagi warga yang membuka usaha seperti warung makan, fotokopi, laundry, dan warnet, sehingga banyak juga persaingan usaha antar sesama pedagang, agar dapat menarik perhatian mahasiswa.

                Perubahan di sekitar Tembalang dapat memberi dampak positif terhadap penjual terutama mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lebih. Selain dampak terhadap penjual, mahasiswa juga mendapatkan dampak positif seperti halnya, mereka tidak perlu memasak lagi di kosan yang mana membutuhkan waktu, tapi para mahasiswa bisa langsung membeli dengan cepat, murah dan enak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s